Forum Diskusi dan Opini Antarkomunitas Pencinta BIPA

Rabu, 01 April 2009

Bahasa Indonesia di London


Bahasa merupakan pintu masuk untuk memahami masyarakat dan budaya suatu bangsa. Dengan demikian, agar dapat memahami masyarakat dan budaya suatu bangsa, orang perlu memahami bahasanya. Berkenaan dengan itu, dalam rangka lebih memperkenalkan masyarakat dan budaya Indonesia kepada warga Inggris, KBRI London sejak tanggal 17 Januari 2009 telah membuka kursus bahasa Indonesia di sana. Demikian informasi yang diperoleh dari KBRI London.

Kursus tersebut diselenggarakan mengingat cukup banyak warga Inggris yang berminat terhadap bahasa Indonesia. Dengan dibukanya kursus tersebut, diharapkan dalam jangka panjang semakin banyak warga Inggris yang lebih mengenal Indonesia sehingga hal itu diharapkan dapat mempererat hubungan dan kerja sama kedua negara.

Kursus bahasa Indonesia di KBRI London juga terbuka bagi warga Indonesia, khususnya generasi muda yang lahir di Inggris, agar mereka tetap mengenal dan memahami bahasa dan budaya Indonesia sehingga tidak tercerabut dari akar budayanya.

Menurut informasi dari KBRI London, kursus tersebut sudah dibuka secara resmi oleh Duta Besar RI, dan diikuti oleh 23 orang peserta dewasa warga Inggris. Adapun untuk kelas remaja dan anak-anak, kursus itu dibuka pada akhir Februari 2009 dan diikuti oleh 18 orang peserta.

Jauh sebelum kursus itu dibuka di KBRI London, di Inggris sebenarnya sudah ada dua perguruan tinggi yang telah mengajarkan bahasa Indonesia, yaitu (1) School of Oriental and African Studies (SOAS), University of London, dan (2) Aston University, Schools of Languages and European Studies. Menurut Prof Ulrich Kratz, seorang dosen senior bahasa Indonesia di SOAS, bahasa Indonesia di Universitas London sudah diajarkan sejak tahun 1967.***

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda